Suzuki R-III sang pembunuh Xenia-Avanza (1)

Tak bisa disangkal lagi, bahwa raja pasar mobil Indonesia adalah si Xenia-Avanza, MPV 7 penumpang dengan kisaran harga 130-160 jeti rupiah. Jika sebuah keluarga muda kelas menengah Indonesia, ingin memiliki mobil baru untuk pertama kalinya, dengan budget sekitar itu, maka sudah dapat dipastikan pilihannya akan jatuh ke Xenia-Avanza.

Hal ini mengingatkan kita pada kejayaan minibus di tahun 90-an dulu, ketika jenis minibus ini menjadi mobil berjuta-umat. Kala itu persaingan terjadi antara Suzuki dgn Carry 1.0 dan Daihatsu dengan Zebra 1.0. Kemudian mereka bertarung dengan berbagai strategi tetapi yg paling menyolok adalah strategy red-ocean. Dimana mereka bertarung head-to-head, secara frontal. Dan pemenangnya adalah Suzuki. Lalu Strategy beralih ke Blue-Ocean dengan menaikkan cc mesin, tapi dijawab juga oleh pesaingnya, maka ada minibus 1000 cc, 1300 cc, 1500 cc dan 1600 cc. Daihatsu memungkasinya dengan membuat Espass, minibus serasa sedan. Tentu kita masih ingat ada perang iklan. Daihatsu mengatakan “senyaman sedan”, sedang Suzuki menjawab dengan “ingat anda sedang naik minibus, bukan sedan”.

Itu masa lalu, ketika Suzuki merajai pasar otomotif Indonesia, sebelum ada krisis moneter. Lalu saat ini bagaimanakah ? Seperti telah penulis ulas di atas, pemenang diduduki oleh Xenia-Avanza, Daihatsu yg berkolaborasi dengan Toyota. Semuanya dibuat dipabrik Daihatsu, kecuali Avanza hitam yang dibuat di Toyota, dengan alasan kapasitas produksi di Daihatsu tak cukup (saya ragu alasan ini) ! Lalu kemana Suzuki selama ini, sang raja pasar ?

Entah mengapa Suzuki tidak bermain lagi di kelas masal, lebih suka naik kelas ke Grand Vitara dan buntutnya meluncurkan APV yang bentuknya seperti roti tawar dengan mesin dibawah jok. Tentu saja kehadiran APV tidak menggoyahkan sang juara pasar yg melenggang santai ke puncak pimpinan pemasaran.

Tahun 2010 di Auto-Expo New Delhi, dengan tiba-2 Suzuki menampilkan R-III Concept, yang luar biasa menarik. Dan tahun 2012 akan diproduksi di India, dan selanjutnya akan dipasarkan pula di Indonesia. Mobil inilah yang dijuluki sang pembunuh Avanza, mengapa demikian ?

bersambung ke :
Sang pembunuh Avanza bg 2

About these ads

2 Responses to Suzuki R-III sang pembunuh Xenia-Avanza (1)

  1. Mat jibrut says:

    Kira2 brp harganya?

  2. [...] yang sangat futuristik.   Dan orang menduga, jika muncul aslinya seperti itu, maka dialah pembunuh Xenia-Avanza.    Namun ternyata yang diluncurkan adalah Ertiga, yang masih konvensional, tidak ada kejutan [...]

Silakan memberi komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 51 other followers

%d bloggers like this: