Prosedur Ganti Nama

Prosedur ganti nama
Karena Akta Kelahiran merupakan dokumen hukum, maka perubahannya pun harus melalui penetapan Pengadilan Negeri seperti tertulis dalam Pasal 52 UU No. 23 Th. 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Berikut penjelasan Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, Sudhar Indopa, mengenai prosedur ganti nama.

 

  1. Orangtua (bagi anak di bawah 17 tahun) atau si anak sendiri (bila sudah 17 tahun ke atas) harus mengajukan permohonan ke Panitia Perdata Pengadilan Negeri setempat (sesuai domisilinya) dengan menyebutkan alasan penggantian nama tersebut.
  2. Menyertakan dokumen berupa KTP suami-istri, Kartu Keluarga, Akta Perkawinan, dan Akta Kelahiran anak yang ingin diubah namanya. Untuk anak 17 tahun ke atas, cukup menyertakan KTP, KK, dan Akta Kelahiran.
  3. Setelah menjalani proses persidangan dengan membawa saksi-saksi (biasanya minimal 2 orang) dan melengkapi bukti-bukti yang diperlukan, Pengadilan Negeri akan mengeluarkan amar keputusan.
  4. Berdasarkan amar keputusan yang dikeluarkan Pengadilan Negeri tadi, di balik lembar Akta Kelahiran akan dibuatkan Catatan Pinggir yang memuat keterangan mengenai perubahan nama tersebut.
  5. Berdasarkan amar keputusan itu pula, Pengadilan Negeri akan memerintahkan Kantor Catatan Sipil tempat Akta Kelahiran tersebut diterbitkan untuk mencatat perubahan nama tersebut. Jadi, kalau yang bersangkutan lahir di Aceh, contohnya, sementara ia kini berdomisili di Jatinegara, Jakarta Timur, maka ia tidak perlu repot-repot mengurus ganti nama di Pengadilan Negeri Aceh, melainkan cukup di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

 

19 Responses to Prosedur Ganti Nama

  1. ayahsarah says:

    saya mau bertanya, saya punya anak berumur 4,5 tahun. saya ingin menambah nama anak saya. yang jadi pertanyaan berapa biaya untuk pengurusan terutama dipengadilan, terus berapa lama prosesnya. atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  2. Cancer house says:

    Q 17th pgen gnt nama qo rbet y?

  3. Ya, biayanya total berapa? Jawab dong :)
    Kalau akta kelahiran di capil, saksi dua orang biasanya bisa diganti dengan uang, untuk membayar orang capil sebagai saksi pengganti. Apakah untuk ganti nama juga bisa begitu?

  4. Nuryono says:

    Mas Saya mau tanya dong kisaran biaya yang dibutuhkan untuk penggantian nama yang salah (penambahan nama ibu) dari awal sampai akhir… Thanks

  5. harisxyz says:

    waduh mohooonnn maaf sekali yaaaa, saya baru saja membuka lagi blog ini, saya tidak tidak tahu berapa biayanya.

    saya sekedar copas saja informasi tersebut, ternyata ada juga yg membutuhkan ya, maaf maaf saya tidak bisa membantu, mungkin langsung ditanakan saja ke instansinya.

    sekali lagi maaf, terimakasih.

  6. Oh ya kalo kita mau ganti nama, gimana dgn sertifikat dan ijazah yg udah ada dan itu pake nama lama, apa bs diganti juga?
    Need help please.

    • harisxyz says:

      Dear Madam,

      maaf saya tidak tahu jawaban ‘pasti’ nya, logika saya sih semua sertifikat tidak perlu diubah, sebab sudah ada surat keterangan dari pengadilan yang menunjukkan ‘ganti nama’, dari nama lama ke nama baru.

      mungkin, sekali lagi mungkin, begitu. Mohon pencerahan dari teman-2 yg berkecimpung di bidang ini.

      thanks, salam hangat.

  7. ken ros says:

    saya jg pngen menambah nama depan, cuma bingung apa pengaruh dg ijazah dl surat yg laen.

  8. ken ros says:

    maaf, numPANG pencerahan. keinginan sy utk menambah nama dpn.. tp saya bingung dg pengaruh surat2 yg laen spt ijasah dll. apa bisa jika nama ktp ditambah nama dpn dan apa pengaruhnya dg ijasah. atau bagaimana cara untuk menambah nama dpn tsb dg aman dan tdk menimbulkan masalah. mhn infonya dr yg sudah berpengalaman soal itu. thx u.

  9. antonius says:

    saya pernah jadi saksi buat sodara ganti nama. sebenernya biaya sih murah tuh resminya… tp di lapangan dimintanya banyak juga. buat surat permohonan diminta 300rb, pengajuan 350rb, percepatan ke pak hakim 1,5 jt (setelah nawar dari 2 jt, kalo ga ada uang percepatan, sidang ga beres2, keputusan ga keluar2), trus biaya perdata 300rb. sejak pengajuan sekitar 2 mg dpt panggilan sidang. trus sekitar 1 mg stlh sidang dpt deh surat penetapannya.

  10. Steven says:

    Slm kenal mas/mbak.. saya mau tanya, saat ini saya domisili di surabaya, tapi akte kelahiran saya diterbitkan dari jakarta. nah ketika saya tadi ke pengadilan surabaya, pihak pengadilan mengatakan bisa untuk menambah nama belakang saya, karena sebelumnya tidak ada nama belakang di akte kelahiran saya. nah ketika putusan telah keluar, penambahan nama apakah harus di catatan sipil jakarta atau surabaya juga bisa? sekian terima kasih..

  11. dini says:

    mau share aja. dulu waktu mau masuk universitas (1993) saya pernah ganti nama. Gara-garanya di ijasah smp ada kesalahan peletakan spasi. Jadi nama di akte hanya sama di ijasah tk & sd. sedangkan smp & sma berbeda (karena spasi tadi).

    Ternyata saat mau masuk universitas hal ini jadi masalah. Saya kuliah di jogja, akte dikeluarkan di surabaya, ijasah sd-sma dikeluarkan di aceh. puyeng kan… @_@

    Nggak tau gimana, kok saat itu bukan nama di ijasah smp & sma yang diganti. Tapi ayah saya lapor saja ke kelurahan (di aceh) & bilang bahwa akte saya hilang, jadi mau ganti akte baru. trus ditulis deh nama baru sesuai dengan ijasah sma.

    beres deh…. hanya karena prosesnya bukan minta ganti nama tapi kehilangan maka di aktenya tertulis diatasnya “kutipan II” gitu.

    tapi ga ribet harus ke pengadilan, tapi ini mungkin bisa terjadi karena sebenarnya perubahannya hanya sedikit saja. yaitu penghapusan spasi. kalau berubah ejaan.. kurang tau juga ya…

  12. andhika says:

    kalau mau ganti nama harus melalui pengadilan dahulu (bisa di pengadilan tempat kita tinggal) lalu setelah selesai baru mengajukan ke catatan sipil dimana akta kelahiran tsb dikeluarkan…

  13. andi says:

    saya mau ganti nama repotnya bukan main kenapa nama saya andi di tulis andy itu kesalahan saya atu kesalahan yang nulis

  14. Joan Tika says:

    Saya mau tanya bagi yang tau mohon informasinya, saya akan menikah di negara suami saya dan nama saya akan ditambah belakangnya dengan nama keluarga suami. bagaimanakah birokrasi selanjutnya di indonesia ? dengan ijasah, KTP, akte dan SIM ?? terimakasih.

  15. Ani Elfforce says:

    kalau saya ingin menganti nama depan saya,, saya lahir dilampung sekarang tinggal dijambi jika mengurus pengantian nama harus ke lapung apa bisa dijambi,, tapi orang tua saya tidak tinggal dijambi da saya sudah berumur 20tahun ,,, tolong jawab jika ada yang tau,, please

  16. sulit ning mau nambah nama oge lieeur

  17. racka says:

    mas/mbak saya mau nanya apakah nama ijazah dan nama akte/KTP berbedah,,apakah nama di ijazah bisah di ganti dengan sesuai dengan nama di akte/KTP,,apakah Bisah,,???

Silakan memberi komentar :)

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

